F – PRB Dan Berbagai Elemen Berupaya Kuatkan Tanggul Cimanuk Dengan Tanam Rumput Vetiver

ikainfoadmin

IKA, Indramayu – Forum Pengurangan Risiko Bencana (F-PRB) TNI/Polri, Tagana, Karang Taruna, Persit Kartika Candra Kirana, Bhayangkari, Darma Wanita Persatuan, dan TP PKK berjibaku dalam penanganan tanggul kritis di sepanjang DAS Cimanuk dengan upaya penanaman rumput vetiver.

Alam Sukmajaya Ketua F-PRB dan Taufik Hidayat Plt. Bupati Kabupaten Indramayu turun langsung ke lokasi penanaman yang dipusatkan ditanggul DAS Cimanuk Blok Gandok Desa Panyindangan Kulon Kecamatan Sindang, Rabu (12/02/2020). Rumput vetiver ini dapat menahan tanah longsor dikarenakan memiliki akar yang cukup kuat dengan panjang, akarnya dapat mencapai 3-5 meter ke dalam tanah. Dengan kedalaman akar tersebut, rumput itu tidak akan bisa dicabut oleh satu orang.
Plt. Bupati Indramayu H. Taufik Hidayat menjelaskan, penanaman rumput vetiver merupakan langkah tepat untuk mengurangi tanah longsor yang diakibatkan oleh erosi. “Pencanangan penanaman rumput vetiver ini secara nasional sudah dilakukan oleh Pak Presiden beberapa waktu lalu. Untuk Indramayu kita canangkan di DAS Cimanuk, karena rumput vetiver ini sangat bagus untuk mengurangi longsoran karena erosi,” tegas Taufik.
Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Indramayu, Edi Kusdiana melalui Kasie Rekonstruksi, Doktor Caya mengatakan, jumlah rumput vetiver yang ditanam berjumlah 58.280 batang. 
Alam menambahkan nanti F-PRB juga akan melakukan Penanaman rencana di wilayah Sungai Cilalanang di Desa Sukaslamet, Kecamatan Kroya tanaman-tanaman yang mungkin bahasa orang kita adalah akar wangi memang punya keunggulan dibandingkan tanaman rumput rumput yang lain, kelebihan dari rumput ini adalah memang salah satu rumput yang punya akar sampai ke bawah tanah atau tebing lebih dalam, dengan demikian akar ini bisa mengikat air hingga kemudian bisa mengurangi dampak yang lebih besar berkaitan dengan kebencanaan di masing-masing wilayah.

Sumber: Tanganrakyat.id

Also Read

Tags

Tinggalkan komentar

Ads - Before Footer